Sunday 27 December 2015

KHASIAT EKSTRAK TERIPANG BUAT KESEHATAN




Rate this posting:
{[['']]}

Khasiat Ekstrak Teripang Buat Kesehatan 


Teripang

BuatSehat-Teripang atau Trepang atau Timun Laut adalah istilah yang diberikan untuk hewan invertebrata holothuroidea yang tersebar luas di lautan di seluruh dunia terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat.

Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur maupun pada lingkungan Terumbu Karang. Teripang merupakan komponen penting dalam mata rantai makanan di terumbu karang dan ekosistim asosiasinya pada berbagai tingkat struktur pakan (trophic levels). Teripang juga berperan penting sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan pemakan suspensi (suspens feeder).

Ada sekitar 1200 jenis Timun Laut yang ada di dunia ini dan 30 jenis diantaranya adalah kelompok Teripang.   

Khasiat Ekstrak Teripang Buat Kesehatan

Dalam dunia medis, Teripang memiliki Khasiat dan Manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Diantaranya untuk penyembuhan penyakit luka seperti luka bakar, luka gores, luka sayat, mengatasi gatal-gatal pada kulit, ginjal, darah tinggi, jerawat, asam urat, maag, persendian, tumor, kista, kanker, stroke, liver serta jantung. 

Berikut beberapa penelitian terhadap hewan laut Teripang yang dilakukan oleh para ahli kesehatan dibanyak negara untuk membuktikan Khasiat Ekstrak Teripang Buat Kesehatan.

Menurut Dr. Ir. Ahkam Subroto, M.App Sc dari LIPI, Indonesia, " Teripang mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk penderita Diabetes Melitus. Protein ini berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin sehingga produksi insulin dapat meningkat".

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Cina yang diterbitkan pada bulan Agustus 2005 yang berjudul "Cancer Biology & Therapy" Teripang mengandung senyawa yang dikenal sebagai E philinopside atau PE. Senyawa ini dapat menghambat pembentukan pembuluh darah yang memasok nutrisi kepada tumor. Dengan demikian akan menekan pertumbuhan dan ploriferasi tumor dalam tubuh.

Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia menyatakan bahwa, "kandungan asam docosahexanat (DHA) pada Teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak Teripang golden stichoupus variegatus. Hasilnya kndungan DHA Teripang relatif tinggi yaitu, 3,69%".

Mengkonsumsi Ekstrak Teripang juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Karena Teripang mampu berfungsi dalam pembentukan jaringan baru dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan Teripang mempunyai zat tertentu yang mampu dengan cepat meregenerasi jaringan tubuh yang rusak akibat luka. Hal ini dikemukakan oleh "Marine Drugs" dalam sebuah studi yang dilakukan pada bulan Oktober 2011. Kemampuan Teripang dalam meregenerasi sel kulit rusak karena di dalam tubuh hewan ini mengandung asam lemak seperti asam arakidonat.  

Sedangkan pada penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia menyebutkan bahwa, "Teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, menurunkan kolesterol, merontokan racun pada hati, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan penyakit maag serta dapat menyembuhkan asma kronis. Selain itu Teripang juga dapat digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan dan penyembuhan luka untuk ibu bersalin., Hal ini disebabkan Kandungan kolagen yang tinggi yang terdapat pada Tripang".

Sebenarnya penggunaan Teripang sebagai bahan antiseptik tradisional dan obat serbaguna untuk mengobati berbagai penyakit sudah dikenal sejak 500 tahun yang lalu oleh masyarakat Pulau Langkawi, Malaysia. Air Teripang ini biasanya diminumkan kepada ibu-ibu sehabis melahirkan untuk menghentikan pendarahan dan mempercepat proses penyembuhan luka pada anak-anak mereka yang baru di khitankan.

Itulah Khasiat Ekstrak Teripang Buat Kesehatan. Tuhan telah menyediakan berbagai jenis mahluk hidup di dunia ini untuk bisa kita manfaatkan. Sekarang bagaimana kita sebagai manusia dapat mengambil manfaat dari mahluk hidup lainnya terutama buat kesehatan manusia.  

     

     

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © Des-2015. Buat Sehat - All Rights Reserved Buat Sehat by Bamz