Saturday, 30 April 2016

ADAT KEJAWEN NGALOR NGULON MEMBUAT PERNIKAHAN MENJADI GAGAL




Rate this posting:
{[['']]}

Adat Kejawen Ngalor Ngulon Membuat Pernikahan Menjadi Gagal


Ngalor Ngulon Kejawen Jawa

BuatSehat -Bagaimana meyakinkan orangtua yang tetap menggunakan adat kejawen sehingga rencana pernikahan menjadi gagal?

Perlu Anda ketahui bahwa ada sebuah perhitungan jawa yaitu naglor ngulon. Arah rumah kedua calon itu jika ditarik garis lurus masih diantara area arah utara dan barat atau lebih gampangnya arah barat laut. 

Mengapa ada larangan melakukan pernikahan jika rumah calon itu memenuhi kondisi Ngalor Ngulon?

Seperti yang dikisahkan oleh seorang teman arah ngalor itu adalah arah orang mati dikuburkan. Arah ngulon itu arah wajah orang mati yang dikuburkan. Jadi ngalor ngulon itu sama seperti orang mati dikuburkan. Filosofinya seperti itu.

Kepercayaan yang muncul akibat ngalor-ngulon ini adalah nantinya kehidupan berumah tangga akan seperti orang mati. Rasanya seperti kematian. Bencana besar sehingga menyebabkan rumah tangga seperti mati. Bahkan sampai kepercayaan yaa anggota keluarga baik suami atau istri akan mati jika melanggar perhitungan ngalor-ngulon ini.

Kelemahan kepercayaan ini yaitu:

Ada atau lahir setelah islam masuk ke tanah jawa (atau kalau ada yang tau kapan persisnya bisa tulis dikomentar tulisan ini sebagai koreksi). Yaitu tentang cara-cara menguburkan mayat orang mati yang ngalor arah tubuhnya dan ngulon arah wajahnya. Pertanyaannya bagaimana dengan pernikahan sebelum masa islam masuk ke tanah jawa yang jika dihitung arah rumahnya itu ngalr ngulon.

Hanya berlaku di tanah jawa saja. Pertanyaannya adalah bagaimana dengan daerah  lain yang juga arahnya ngalor ngulon ? Mengapa mereka tidak mengalami bencana seperti yang ditakutkan orang jawa yang percaya pada kondisi pernikahan ngalor-ngulon.

Tinjauan dari sisi agama:

Ini jelas sebuah kepercayaan terhadap sesuatu yang menandingi kekuasaan Tuhan. Ngalor-ngulon itu bisa mendatangkan bencana jika dilanggar. Jika dituruti akan memberikan kebahagiaan atau keselamatan. Hal ini sama saja dengan sebuah kesyirikan dalam ajaran agama islam. 

Tetapi itu adalah sebuah kebenaran bagi penganut kepercayaan kejawen! Dan ada orang yang sudah ngerti ajaran islam, tetapi mati-matian mempertahankan ajaran kejawennya. Dan ada orang yang marah dan tersinggung ketika disampaikan padanya tentang ajaran islam mengenai ilmu ketuhanan yang bersih. Dan juga ada orang yang dengan logikanya tetap membenarkan kedua ajaran ini dan memakai keduanya.

Dan bagaimana sikap yang benar ?
 
Di sinilah letak hidayah Allah itu akan terlihat. Setiap orang ingin dan selalu berdoa agar setiap langkahnya dalam jalan dan lindungan Allah. Sehingga ada orang yang dengan yakin bahwa ajaran islam adalah satu-satunya pedoman hidup. Segala sesuatu yang bertentangan harus ditinggalkan.


sumber:ahsanfile

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai topik artikel. Komentar yang tidak relevan dengan topik artikel akan terhapus.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Google+ Followers

Copyright © Des-2015. Buat Sehat - All Rights Reserved Buat Sehat by Bamz